METODE BELAJAR DAN MENGHAPAL CEPAT DAN BERMUTU


Penampilan Santri Putri

METODE BELAJAR, MENGHAPAL CEPAT DAN BERMUTU

Oleh Jeje Z. Muttaqien

Tanamkan rasa senang pada materi yang akan anda baca atau anda hafalakan, menurut Imam Al-Ghozali sebenarnnya kekuatan memory otak manusia sama saja. Al-Ghozali mencontohkan betapa mudahnya seseorang menghafalkan syair-syair, lagu-lagu atau anekdot-anekdot yang lucu.

Otak Kanan-Kiri

Anda tentu akan ingat dengan mudah berapa uang anda, bertambah berapa, berkurang berapa, karena uang adalah kesenangan anda. Anda akan selalu ingat acara-acara hiburan di TV, jam berapa mulainya, hari apa dan siapa bintang-bintangnya. Karena apa? Sudah barang tentu karena acara-acara tersebut kesukaan anda. Maka mulai sekarang, tanamkan dalam hati anda! “alfiyyah kesenanganku, imriti kesukaanku, jurumiyyah pujaanku dan membaca atau muthola’ah adalah hobiku”.

Anggaplah mudah setiap materi yang akan anda baca atau anda hafalkan, maka ketika anda mulai belajar atau menghafal, tanamkan dalam hati bahwa “saya akan faham dan hafal dengan mudah” jangan sesekali punya persaan “pelajaran ini sulit di faham atau di hafal”.

Karena perasaan itu akan memberikan sugesti buruk pada mental anda dan akan menghambat jaringan otak anda untuk bekerja secara optimal. Jangan hiraukan keadaan sekitar atau pikiran-pikiran diluar materi yang anda pelajari dan belajarlah dengan rileks tapi serius. Jean Marie Stine berpendapat “jaringan otak manusia sebenarnya melebihi jaringan komputer manapun” karena otak kita dapat menggunakan 100 milyar bit informasi dan dapat bergerak lebih dari 300 mil perjam, dan satu-satunya kunci untuk mengoptimalkan fungsi otak adalah dengan peningkatan konsentrasi.

Seorang profesor dari Jepang memiliki kiat belajar yang unik, ia mengatakan rahasia belajarnya pada seoarang temannya, “walaupun saya hidup di kota industry yang padat penduduk, namun ketika belajar, saya bayangkan seolah-olah berada di goa atau tempat yang sunyi, suara mesin itu saya anggap bagai suara burung yang merdu sehingga saya bisa konsentrasi penuh dengan apa saya pelajari”. Simpulkan apa yang anda baca dengan menulisnya dalam bentuk catatan-catatan. Misalnya anda mempelajari tentang istihadhoh, simpulkan sengan ringkas tentang macam-macam istihadhoh atau buat skema pembagiannya.belajar

Catatatlah keterangan-keterangan yang dianggap penting. Sering sekali, kita menemukan keterangan penting dan ketika saatnya kita membutuhkan keterangan tersebut kita sudah lupa persisnya terdapat pada kitab apa? Sayang sekali kalau pengetahuan-pengetahuan berharga itu hilang begitu saja.

Untuk itu mulai sekarang sediakan buku-buku untuk memcatat keterangan dari fan-fan yang sedang anda pelajari. Sediakan catatan khusus untuk fiqh, hadits, tafsir, ushul fiqh, tauhid, dan fan-fan lainnya. Untuk mempermudah perujukan kembali, berilah nomor pada masing-masing halamannya dan buatlah daftar isi/fihris pada halaman depan.

About YPI. Al-Kamiliyyah

Yayasan Pendidikan Islam Al-Kamiliyyah, Bekasi meliputi, 1. Pengajian Umum (bapak-bapak dan ibu-ibu) 2. Pondok Pesantren (putra/i) 3. SDIT 4. SMP Al-Kamiliyyah Boarding School 5. KBIH dan Umrah (diakui pemerintah setempat) 6. Klinik Pengobatan

Posted on 2 Juni 2013, in Artikel, Karya Santri and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: